Tags

,

Yah, Gita-nya nunduk 🙂

Wah telat posting nih.

Sabtu lalu adalah kawinan Gita Romadhona, editor buku ‘Cheers, UK!’ Kawinannya di The Hall, Pesona Kayangan Depok. Gw dateng ke sana bareng Hil dan Senja. Bareng Hil, tentu saja, karena Gita sejatinya adalah sohib ikribnya si Hil. Gw justru baru kenal belakangan sama si Gita, karena pertemanan mereka itu. Gw inget dulu pernah makan bareng Hil, Gita dan Iwied, di Depok juga.

Perjalanan blog pippilottagoinguk menjadi buku ‘Cheers, UK!’ itu juga gak jauh-jauh dari pertemanan mereka berdua, hihihi. Suatu ketika, Gita nelfon ke Hil dan bertanya,’Kira-kira Citra mau gak ya blognya dijadiin buku?’ Ajigile. Pas pertanyaan itu dioper ke gw sih gw langsung melongo total dong. Yaaaa maaaauuu laaaaaahhhh… Masa sih gak mau?! Gw langsung lonjak-lonjak, secara pemikiran menjadikan buku itu juga sempat terbersit di kepala, juga sempet ditanyain sama temen pas blog itu ya masih berbentuk blog dan gw masih di London.

Gw langsung dongs terbayang-bayang, wuiiihhh keren banget nih kalau bisa ngeliat nama gw ada di sampul buku, dipajang di toko buku, trus dibeli orang.. wuiiihhh! Secara gw kerjanya di radio, jadi ya gak pernah tuh ada pengalaman melihat nama sendiri di media. Eeehh on second thought, sebetulnya menemukan nama gw di media juga bukan kali pertama. Karena gw pernah bantuin penelitian Mas Eriyanto yang kemudian dibukukan dengan judul “Media dan Konflik Ambon; Berita dan Kerusuhan Komunal di Ambon 1999-2002”. Ada nama gw juga sih di situ, tapi kan kecil, tapi kan itu bukan buku gw hehe.

Makaanyaaa begitu ada tawaran dari Gita, langsung gw sambuutttt dengan gegap gempita. Abis itu kiga ngerancan pertemuan pertama banget di Kedai Tempo. Waktu itu Gita bareng temennya, Christian (gw duga sih itu Christian Simamora). Itu baru obrolan awal tentang proses menjadikan buku dari blog gw itu. Belum sampai ke kontrak kerjasama dll gitu. Abis itu baru deh proses panjang dilalui. Berbulan-bulan sesudahnya, tepatnya Desember 2009, baru deh gw dan Gagas tandatangan kontrak kerjasama, pas ketemuan di Burger & Grill, lagi-lagi di Depok, hehe. Bener-bener Depok berjaya dah.

Di antara proses penyelesaian buku, mulailah muncul ramai di toko buku aneka rupa buku travel. Yang punya Gagas pertama kali kalau gak salah adalah ‘Ciao Italia’-nya Gama Harjono. Tentu saja gw beli itu dong, secara pingin tau kayak apa sih orang lain menuliskan cerita perjalanan mereka. Abis itu gw kayak orang kalap beli aneka rupa buku travel, untuk mempelajari gaya penulisan orang-orang. Sekaligus ingin menakar, kira-kira yang gaya nulisnya kayak gw tuh bakal menarik atau enggak untuk dibaca orang lain yang sama sekali asing dengan gw tentunya, hehe.

Abis itu lamaaaaaa proses selanjutnya. Mulai dari gw nyiapin naskah, Gita ngedit, lalu gw milih-milih foto setahun di UK untuk disesuaikan dengan permintaan Gagas, abis itu urusan sampul, lalu urusan ilustrasi dalam, sampai akhirnya kelarrrrr rapi jali pada Juni 2010. Beres res res dengan segala pritilannya.  Dan akhirnya naik cetak, lalu ada di toko buku Senin 2 Agustus yang bersejarah itu *menitikkan air mata haru*

Ahhh.. terima kasih ya Gita, sudah membantu memuluskan impian gw, hihihi. Selamat menempu hidup baru bersama Wira!

