Bukunya NoneSee

Sebelum pulang kemarin, gw mampir Gramedia, beli buku buat Senja. Juga seperti biasa mampir ke rak buku travel. It becomes kind of a habit now, hihi. Kali ini gw beli bukunya NoneSee alias Nancy Margaretha. Judulnya ini: “Backpacking Modal Jempol: Jelajah Eropa 500 rb-an/bulan!”

Di awal, gw tidak terlalu terpancing untuk beli buku ini. Kayaknya gw bukan tipe hitch-hiker, gitu pikir gw. Tapi eniwei, gw tetap beli buku ini, karena penasaran. Kami sama-sama gabung di Travel Book Lovers, group FB yang dibikin sama Mbak Elok, dan sempet ramai email-emailan membahas buku jahanam yang copas tulisan para travel book writers yang budiman ini.

Sampai tengah malam tadi, gw belum kelar baca bukunya NoneSee. Baru sampai halaman 210. Tapi gw sungguh sudah terkesima. Sungguh.

Gw gak kebayang, ada di posisi dia sebagai hitch-hiker, yang bisa terdampar tidur di pom bensin. Atau mesti ngacung jempol dan bawa papan karton sambil nunggu angkutan dari mobil tak dikenal di tengah dinginnya malam. Ini di benua lain pula, bukan di Jakarta. Malem-malem di Jakarta gak pake jaket aja udah bikin gw masuk angin, hahaha. Belum lagi potensi migren *dwoh* Berpetualang bareng sama hitch-mate yang bukan temen deket aja sungguh ada di luar imajinasi gw.

And she’s a mother of three! *gedobrak*

Gw langsung berasa cemen luar dalem depan belakang kiri kanan.

Anjrit ya ini NoneSee. Eh ini anjrit in a positive way lho ya. Membaca tulisan dia ketika cerita soal anaknya juga bikin -lagi-lagi- terkesima. Oh I just love her words,”I have half your souls, kiddo.”  Dan boooo anaknya diajak backpackeran keliling Asia Tenggara ketika mereka berusia 7 tahun! Astagaaaa… Dan dia dengan tegas bilang kalau ‘ini backpackeran, bukan tamasya’. Aaaaahhh…

Yang membuat gw terkesima gak sekadar hitch-hiking storiesnya aja. Tapi juga kegigihan dan ketekunan dia dengan Jaringan Silaturahmi Indonesia. Gileee dah, edan banget doi. Dengan Jaringan ini pula, rumah dia pernah keinepan teman traveler selama sebulan! Gila. Gw gak kebayang kalo di rumah gw kedatengan tamu sampe selama itu, hahaha. Lah wong kedatengan tetangga aja bikin gelisah, kakakakak.

Well, she’s right from the very beginning: perjalanan hemat ini bukan untuk semua orang. Sejauh ini gw belum bisa membayangkan diri gw melakukan perjalanan seperti yang NoneSee lakukan. I might or might not find the courage hehehe. Yang jelas, NoneSee suksess menyalakan api lain di kepala gw: mari travelling serius bareng Hil dan Senja.

Terima kasih banyak NoneSee!

Dan oh ya, selamat Natal buat semua yang merayakan yah!

