Tags

,

inkcinct.com.au

Here’s the announcement.

Am going to Sydney next August.

Yay!

Oh yeah, am I THAT happy? Kekekek, biasa aja sih sebenernya 🙂 Gw suka berasa agak kurang chemistry gitu sama Australia *sotoy* Itu juga yang menyebabkan dulu gw sama sekali gak berupaya mencari beasiswa ke Australia. Berasanya udah banyaaaaak banget orang Indonesia yang ke sana. Jadinya agak kurang menantang gituh lhoooh.. *belagu*

Gw ke Sydney dalam rangka kerja. Blah, oh so betapa gak menarik gak sih agendanya huehuehuehue..

Jadi ceritanya kantor gw dan ABC lagi bikin kerjasama buat internship gitu deh, dan gw yang akan berangkat ke sana. Tepatnya ke ABC Radio National, di program 360documentaries.

Sejujurnya, gw baru kepikiran untuk dengerin feature radio dari ABC setelah Asia Calling bikin training dengan trainer dari ABC, yaitu Tony MacGregor. Sama dia, gw sempet ngobrol  banyak soal teknik dan tema dan angle buat feature radio. Sebener-benernya gw ngincer rekomendasi dari dia untuk ikutan International Feature Conference (karena tahun 2012 diselenggarakannya di London! *ngiler*) tapi eh ujung-ujungnya malah jadi internship ke Sydney. Hore!

Sepanjang akhir pekan ini gw mulai mantengin feature-feature yang dibikin sama 360documentaries. Tagline program ini adalah “radio documentaries or feature that look at stories from surprising angles”. Dan bener aja. Maaakk keren-keren bener feature radio yang mereka bikin *getokinpala*Gw yang sehari-hari ngurusin feature radio aja pas ngebaca cerita-cerita di 360 documentaries berasanya yang,”Yaolo, iya ya bisa bikin kayak gini!” atau “Iiih kenapa gw gak kepikiran begini yaakk..”

Tema-temanya banyak yang sederhana, sebetulnya. Gak semuanya tipe investigatif, menyelidik, menggemparkan, menyeramkan atau apalah gitu yang gahar-gahar. Tapi garapan audionya itu lhooohh.. bikin nganga. Ada yang judulnya ‘Beijing Static’, ceritanya sederhana aja, gimana sih berisiknya Beijing buat orang tuna netra? Atau ada cerita menarik berjudul ‘The only hooker in the village’, tentang seorang guru yang juga pekerja seks. Edan. Hmm.. di saat feature radio hingga kini gak kunjung ngetop di Indonesia, menurut si Tony MacGregor, orang-orang Australia itu banyak yang download podcast feature radio dan ngedengerinnya sambil jogging. Duile, jogging sambil dengerin feature radio… edaaann..

Jadilah by far, pancingan utama untuk belajar menyukai Sydney adalah ya internship di ABC-nya itu. Gw belum riset soal agenda plesir di Sydney. Yang ada malah gw nyari-nyari ‘pintu’ buat ketemu orang Indonesia di Sydney, biar gw gak mati gaya sepanjang hari mesti ngomong bahasa Inggris logat Australia. Gw jadi rajin mantengin Rantang untuk sekalian cari wangsit ide tulisan selama gw di sana.

Kalau ada yang mau ngasih wangsit plesiran di Sydney, monggo lhoh. Sekarang gw mengutamakan riset cari akomodasi dulu aja deh. Tapi secara internshipnya sebulan, wahai Sydney.. sambutlah saya!

Advertisements