Tags

,

Untuk pertama kalinya, gw beli tiket MyBus untuk naik bis di Sydney. Warnanya biru. Konon, sistem transportasi di Sydney itu mahal. Karena biaya tiket bis, misalnya, dihitung per section. Satu section itu ya per pemberhentian kalau gak salah. Makanya gw kebat-kebit begitu liat posisinya Rozelle yang agak jauh dari Ultimo, tempat ABC berada. Yikes.

Rozelle itu berjarak lebih dari 6 pemberhentian untuk sampai ke Ultimo. Artinya, gw gak bisa pakai MyBus1, tapi harus pakai MyBus3. Dan tentunya mahal dongs. Beli single terus-terusan tentunya lebih mahal ketimbang beli TravelTen. Nah TravelTen itu harganya AUD 34.40. Huhuhu. Kalau dari itung-itungan kasar sih ya itu bisa buat dari Rozelle-ABC selama seminggu, kan sehari 2x, dalam seminggu 5 hari kerja. Tapi masa cuma buat rumah-kantor doang sih? Gak rela dong ah.

Iseng-iseng tadi gw rikues Claudia untuk ajarin beli tiket bis. Paling enggak kan gw harus pulang dari plesir sendirian perdana di Glebe untuk sampai ke Rozelle. Dia kasih petunjuk jalan, lalu ngajak gw beli tiket bis.

Dan Claudia minta MyBus1 seharga AUD2.

Lho? Gw langsung tanya dengan jujur,”Bukannya dari Glebe ke Rozelle itu jauh ya, dan harus MyBus3?” Dan tiket MyBus3 itu AUD4.30

Claudia langsung menarik gw menjauhi counter jualan tiket sambil naro telunjuk di bibirnya. Weeehh.. lalu dia bilang kalau dia gak pernah beli tiket MyBus3 untuk pulang ke Rozelle. Dan gak pernah diturunin atau dikasih sanksi apa pun. “Dan kalau kamu diprotes karena pakai MyBus1, bilang aja kamu baru di sini…” gitu kata dia.

Oooohhh I seeeee.. *angguk-angguk* Perasaan kalau di London dendanya £1,000 yaaakk..

Kalau sama orang lokal udah diajarin begitu, masa gak diterapkan sih, hohoho.

Untungnya gw dikelilingi orang baik. Pas sore-sore ketemu Cheryl, si pemilik kucing Lili itu, gw dikasih pinjam kartu MyMulti punya dia yang bisa dipakai untuk bis, kereta, ferry, unlimited, karena dia udah bayar setahun penuh. “But you have to promise me that you will not lose this card.” Kata dia, kalau ilang, bisa sih didapatkan kembali, tapi ribet dan susah. Emang berapa sih harganya kalau beli sekaligus?

“AUD 600.”

Masaamplop mahalnya.

Advertisements