Tags

,

Hari ini adalah hari Switch Off di Ultimo. Seperti Earth Hour gitu kali yah, tapi ini di tingkat lokal. Ini adalah kali pertama diadakan Switch Off Day di ABC Ultimo. Dan mereka punya Switch Off Day Ambassadors yang akan keliling dan ngingetin staf di ABC Ultimo untuk menghemat energi. Aaahh mau dong didatengin jugaaa..

Beberapa hari lalu, Claudia sempet cerita soal Australia sebagai penyumbang karbon terbesar sedunia. Ah masa sih? Iya, kata dia. “Because we have big houses, we drive cars everywhere, and we’re still using coals.” Oooh begitu toh ternyata. Iya juga sih. Rumah Claudia itu terhitung besar. Meskipun dia ke kantor pakai sepeda, tapi pas malam-malam pergi sama gw dan Philip untuk ke pameran sepatu itu, kami pakai mobil. Padahal kan bisa aja pakai bis dong.

Karena sumbangan karbonnya paling besar, yang lagi ramai dibicarakan sekarang adalah soal carbon tax. Pemerintah rencananya akan membebankan carbon tax yang besar bagi perusahaan-perusahaan. Nah dampaknya kan akan ke harga yang makin tinggi buat masyarakat. In return, pemerintah akan ngasih subsidi kepada households sebagai kompensasinya. Widih, ribet yak. Karena itulah banyak pro-kontra seputar carbon tax itu di sini.

Claudia termasuk yang mendukung rencana carbon tax itu. Mungkin itu sebabnya dia berusaha ikut menjaga lingkungan dengan naik sepeda ke kantor dan selalu bawa tas belanja sendiri ketika ke supermarket.

Kalau gw, maka caranya adalah dengan pakai bis ke mana-mana. Karena pakai taksi tentu lebih mahal. Lho, salah ya alasannya, hahaha.

Advertisements