Tags

Pada suatu hari, WaveLab gw bermasalah. Well, sebenernya bukan bermasalah sih. Gw cuma gak tau gimana ngubah titik-titik pan itu menjadi titik-titik volume. Ngerti gak? Ah ya gitu deh pokoknya. Anak Cool Pro atau Adobe Audition mungkin ngerti *sotoy*

Jadilah Nicole memanggil sound engineer.

Gile ya. Kalau di kantor gw, kayak gini mah nanya sama tetangga sebelah. Kalau manggil IT buat kayak gini, bisa digetok. Eh tapi emang IT bukan orang yang tepat, orang Teknik mungkin lebih tepat. Dan ya itu, tetep digetok, kekeke. Tapi secara di sini ada ENAM BELAS sound engineer gitu lhooohhh…

Lalu datanglah sound engineer bernama Steven, kalau gak salah. Dia ketak ketik ketak ketik, sampai ketemu gimana cara munculin titik-titik volume itu. Lalu dia nunjukin hal-hal lainnya yang bisa dilakukan di WaveLab. Yang simpel-simpel sih, misalnya zoom in dan zoom out, untuk ngeliat layernya lebih banyak gitu. Yang gak simpel adalah shortcut-nya.

Di manual WaveLab yang dikasih ke gw, ada sederet panjang shortcut yang biasa dipakai. Saat itu gw mikirinya, ih ngapain pakai shortcut, pakai mouse aja ngapah. Tapi ngeliat si Steven the sound engineer itu, yaoloh, dia piawai banget gitu pakai shortcut. Sementara gw berharap dia pakai mouse sehingga bisa keliatan itu ‘perintah’ yang gw cari itu ada di mana.

Kata Steven,”It’s better to use shortcuts than the mouse.”

Eaaa… tapi kaaann.. *ngeles*

Belakangan Nicole cerita, kalau shortcut itu emang sangat diendorse di sini. Dengan penggunaan WaveLab yang edan ini, gw emang udah mulai ngerasain, betapa ceklak ceklik mouse itu bikin pegel linu. Ternyata, Steven itu salah satu soundengineer yang mengalami injuries karena keseringan pakai mouse. “And he’s a very beautiful sound engineer,” kata Nicole. Ini maksudnya beautiful tentu saja karya gubahannya lho yaaa..

Tapi gw mau mulai belajar shortcuts juga keder… Yang sekarang gw inget hanyalah S untuk cut, G untuk zoom in dan H untuk zoom out audio. Udah itu doang.

Semoga gw tidak mengalami ‘kecelakaan tetikus’ alias ‘mouse injuries’ deh *halah istilahnya*

