Tags

Agenda makan malam kita hari ini adalah ke Burmese restaurant di Chiang Mai. Tempat ini ditunjukin oleh Nay Thwin, koresponden Asia Calling yang aslinya orang Burma tapi tinggal di Chiang Mai.

Tentu saja ajakan ini gw sambut gembira, demi pemanasan menuju Rangoon toh.

Ini restauran tampilannya sederhana lah, bukan jenis restoran fancy yang bikin minder gitu. Nay ngajak gw dan Mbak Susi menuju ke bagian dalam restoran. Yang pertama gw komentarin adalah,”I don’t see any Suu Kyi posters.”

Tapi begitu gw selesai ngomong, Nay senyum sambil nunjuk ke tembok. Aha! Daw Suu Kyi ada di situ! Ini baru bener nih restoran Burma!

Nay yang pesen semua  menu yang ada di meja. Jangan tanya namanya apa. Di menu, ada sih versi bahasa Inggris-nya, tapi nama menu itu dalam bahasa Burma ya ditulis dalam huruf Burma yang uget-uget itu. Gw cuma rikues ke Nay untuk dipesenin tea leaf salad — ini satu-satunya menu Burma yang sempet gw inget baca di salah satu website.

Cara makan di sini adalah pesan lauk untuk makan bersama, lalu pesan nasi. Di menu, nggak ada pilihan minuman. Tapi di meja disediain seteko air putih, lalu gak lama datang gelas berisi es batu.

Dan ini dia makanan gw, hore!

Yang di pojok kiri atas itu si tea leaf salad. Di kanan atas itu omelet — iya cuma telor dadar mplek gitu doang kayak sarapan di rumah hihihi. Kanan bawah itu beef and potato curry, rasanya kayak masakan India. Kiri bawah itu salad tomat yang yummieh dan cruchy banget serta udang yang gatau ini dimasak apa tapi sedep pisan. Dan.. gw suka semuanya! Gw gak terlalu demen masakan India atau Thailand, tapi kok ya ini makanan Burma enak bener! Nyam!

Teman makan kami selain Nay, juga ada temannya, yang entahlah gw gak inget namanya siapa. Dia kerja di NGO lingkungan gitu. Sama bawelnya sama Nay, dan pembicaraan di meja malam tadi sungguh berat: Burmese political transition.

Dan sebagai pemanasan terakhir sebelum besok terbang ke Rangoon, maka abis ini gw akan nonton The Lady. Huauhuahua.

tomato salad

tea leaf salad

bean soup

beef and potato curry

