Begitu selesai ketemu Soe Myint dari Mizzima, Moe Moe kasih kabar bahagia. Nanti sore ada press conference di rumah Daw Suu, mau ke sana nggak?

Lah! Masa nanya! Ya mau! *pingsan*

Ini rumah Daw Suu

Tapi langsung muncul problem. Pertama, Moe Moe nggak bawa kartu sakti alias press card untuk ikut ke acara NLD. Kalo di sini ternyata tuh sistemnya NLD ngeluarin semacam kartu pas gitu. Dia berharap, secara gw orang Indonesia dan comes from international media *jieh* jadinya bisa dibolehin masuk.

Oke mari kita coba. Selidik punya selidik, gw gak bawa kartu pers. Lah iya lah, namanya juga masuk pake visa turis. Kan buat jaga-jaga aja gitu, gak bawa kartu pers. Lagian blas gak kepikiran kalo kartu begituan bakal gw perluin di Burma. Secara jaman perjuangan gitu 😉

Gw dan Moe Moe langsung menuju ke rumah Daw Suu di University Avenue. Kalau liat di Wikitravel dan sejenisnya, ini termasuk “tourist attraction” yang sifatnya must-see. Gw manut dong: must-see juga, hehe.

Sebener-benernya tampilan depan rumah Daw Suu ya plain aja. Pagar abu-abu, dengan bendera NLD di samping kanan kiri, dan foto Jendral Aung San di pintu utama. Di baliknya ada pos satpam, yang ternyata nggak tau menau kalau mau ada press conference.

Moe Moe sibuk telfon sana telfon sini, sementara gw juga sibuk foto-foto mandiri, hihi.

Lantas kita menuju ke kantor NLD untuk dapetin pas untuk wartawan. Kata Moe Moe, dia sih gak papa gak masuk, atau ntar berperan sebagai translator gw aja.

Masuk ke kantor NLD, seru juga. Di sana sini banyak foto Suu Kyi. Orang pada sibuk nyiapin merchandise NLD dan Suu Kyi. Heran juga gw, kapan ini Suu Kyi foto-fotonya ya. Banyak foto yang niat pose gitu, juga banyak foto yang sifatnya candid pas dia pidato misalnya.

Di kantor NLD, gw harus ketemu dulu sama press officer. Bapak-bapak, pake kacamata, tampangnya galak bener. Gw senyum manis. Dia tanya,”Press card.” Eh itu mah gak nanya ya, perintah. Gw senyum lagi,”I’m sorry, I don’t bring my press card, I only bring my business card along with me.” Gw kasih lah itu kartu nama.

Gak laku.

Bapak itu ngotot gw harus kasih press card, kalo gak ya gak boleh masuk.

Huhuhuhu sediihnyaaaaa bukan kepalang. Nyesel sembilan turunan ini namanya. Moe Moe langsung berusaha menghibur,”Don’t be too upset.”

Gw sih mengangguk. Tapi tanpa sadar gw langsung sibuk ngoprek-ngoprek tas, berharap tiba-tiba ada keajaiban dan gw ternyata bawa kartu sakti itu. Daaaann ya nggak bawa dooongggg… *nangis*

