Ketika gw ada di Bogyoke Aung San alias Scott Market, gw gak menemukan kaos Suu Kyi secuil pun. Gw tanya sama salah satu penjual. Lalu dia bilang, oh kaos begitu mah adanya di depan rumah Suu Kyi. Wah begitu ya.

Ketika gw konfirmasi ke Moe Moe, dia bilang, kayaknya orang suka keliru membedakan rumah Suu Kyi dengan kantor NLD. Di depan rumah Suu Kyi itu sepi, sementara yang jualan merchandise ini adanya di kantor NLD.

Yo wis, mari kita sana. Lha masa enggak.

Kantor NLD ini gak terlalu besar, terdiri dari dua lantai. Persis di depan pagar, di kiri dan kanan, ada pedagang merchandise. Yang satu jualan buku tulis, pin, stiker, bendera, kaos, kalender, poster, topi; sementara yang satunya lagi lebih banyak jualan tas.

Tempat dagangannya nggak terlalu gede. Gw dua kali ke sana, iseng aja pengen ngebandingin bedanya apa sih di dua hari itu. Pas siang-siang ke sana sih nggak terlalu ramai, tapi ada aja lah yang beli. Pernah sekali gw ke sana, ada yang borong. Dia pegang daftar panjang bener tulisannya, trus sibuk order anu itu, dan pulang dengan sekantong plastik gede.

Kaos yang dijual di sini relatif lebih mahal ketimbang yang di Bogyoke Aung San. Kaos di Scott Market itu bisa lah dapat 2300-2500 kyat, meskipun ada juga yang nekat jualan 6000 kyat. Sementara kaos Suu Kyi yang di depan kantor NLD itu seharga 4500 kyat. Buat informasi aja, 1 USD sekitar 800 kyat. Atau kalau udah sampai di pasar, ya 1 USD = 1000 kyat biar gampang buat pedagang.

Tas juga relatif mahal secara ini tas dari karung goni gitu ya. Tas yang kayak dibeliin Moe Moe buat gw, Rebecca dan Ikhsan itu kira-kira 4500 kyat. Ada satu lagi model yang berbeda, ukurannya lebih kecil, nah itu baru lebih murah. Meskipun ya ini tetep aja masuk kategori oleh-oleh yang bikin mikir kalo buat beli segambreng, haha.

Moe Moe lantas mengajak gw masuk ke dalam kantor NLD. Gak kayak kantor sih ya, apalagi kantor partai. Di sini lebih kayak tempat orang-orang aja 🙂 Di tembok banyak foto Suu Kyi dalam aneka pose. Gile ini ibu, kapan sesi fotonya tuh.

Di antara foto-foto Suu Kyi ini, ada juga foto Che Guevara. Wuih. Ada juga foto Suu Kyi dalam pakaian tradisional Kachin, secara bapak atau ibunya gitu half-Kachin. Ada satu foto Suu Kyi yang enggak banget, maap ye, yaitu ketika dia pakai topi merah NLD. Somehow, itu engggaakkk banget dah.

Karena nggak terlalu banyak yang bisa diliat juga, trus ya gw keluar kantor. Di depan, Moe Moe bilang kalau di seberang kantor NLD ini adalah tempatnya polisi intel. Moe Moe bilang gitu sambil nunjuk motor – di sini hanya polisi intel yang pakai motor. Lalu dia melanjutkan sambil bilang,”I’m sure they’ve taken our pictures already.”

Aaahh shoot. Gw kan belum sisiran!

