Barusan liat timeline @greenradiofm dan mendapati ini:

Penelitian : Pekerja yg mengalami kemacetan sepanjang 30km berisiko mati muda, ketimbang mrka yg hdp dekat dgn tmpat kerja #Greenspotlight

Aaaah! 

Kantor gw adalah di Utan Kayu, Jakarta Timur. Sekarang gw beruntung karena masih tinggal sama nyokap di Pondok Bambu. Jaraknya nggak terlalu jauh. Kalau naik angkot, bisa lah sampai kantor dalam waktu 45 menit sampai 1 jam. Itu terhitung “deket” kan kalau ukuran Jakarta.

Tapi pertengahan tahun ini, yang adalah dua bulan lagi, gw akan tinggal di Jatisari. Kemarin-kemarin sih gw terus membesarkan hati bahwa gapapa tinggal agak jauh, yang penting ini udah rumah sendiri. Apalagi rumahnya keren, dirancang sendiri oleh gw dan Hilman, apalagi Senja pun juga sudah seneng sama rumah itu.

Gw langsung ngecek Google Map. Dari rumah Jatisari ke Utan Kayu adalah 27-28 kilometer, tergantung tol mana yang dipakai. TAPI, kalau gw udah tinggal di sana kan gak akan naik mobil yang lewat tol, tapi naik angkutan umum. Dwoh. Inilah nestapanya Hilman pindah kerja ke Bandung hehehe.

Sementara Hilman sejatinya tengah menikmati enaknya punya “rumah” yang sepelemparan kancut dari kantor. Tinggal jalan kurang dari 5 menit, sampai deh. Hilman kadang sengaja jalan agak muter supaya agak lamaan dikit sampai ke kantor. Hm, iya sih jarak “rumah” alias kos dan kantor deket; tapi dia jauh dari kami yang dicintainya dengan amat sangat ini. Uhuk.

Dengan begitu kami beresiko mati muda. Oh no. Dasar manusia urban.

