100_1182Di perjalanan ke Kamboja ini, rombongannya besaaarrr deh. Jumlahnya beda-beda terus setiap kali jalan. Ntar tiba-tiba nambah, tiba-tiba berkurang begitu aja. Ntar ada yang cuma sampai Siem Reap, atau cuma sampai Kampong Thom, atau entah di mana.

Di foto ini baru keliatan setengah jumlah mobil. Tapi rata-rata 5-6 mobil lah sekelas Land Cruiser. 

100_1183

Dan ya itu, ini beneran rombongan sirkus. Pagi-pagi ngumpul di lobi, lalu satu panitia akan langsung keliling memastikan seluruh rombongan lengkap. 

Trus di jalan, setiap kali kunjungan ke site, ya ngumpul dulu deh di mana pun itu. Ntar di tengah jalan, atau di pinggir sawah, atau di bawah pohon. Briefing dulu ceritanya, ngasih penjelasan umum proyek apa yang bakalan dikunjungi. Ada sih di briefing pack-nya, tapi kan nggak afdol kalau nggak dijelasin.

100_1777

Naah begitu sampai di site, ketemu lah sama warga. Kadang settingannya membuat gw teringat acara kunjungan Soeharto ke desa-desa buat Klompencapir gitu. Si “pejabat” duduk di depan pake kursi, sementara warga duduk di alas terpal. Bisa juga sama-sama duduk di bawah sih. Tanya jawab sedikit, lalu di ujung acara tepuk tangan rame-rame.

Kalau untuk kepentingan kerjaan gw, sesi itu biasanya gw lewatin. Biasanya gw akan langsung gerilya sendiri cari siapa yang bisa diwawancara, narik orang untuk bantuin translate, lalu menuntaskan kerjaan dengan jalan menjauh dari rombongan supaya bisa merekam atmos.

1472849_10152117580521411_1325394778_n

Atau yaaa garing-garingan macam foto sama sapi begini… Kalau begini sih udah mati gaya abis-abisan 🙂

Kejuuuuu!

Advertisements