Ada di #GIJC15 ini sungguh luar biasa. Berada di tengah jurnalis yang hebat-hebat ini, I feel so little. Like I’m nothing compared to them — the work, the bravery, everything!

Buku program #GIJC15

Buku program #GIJC15

Yang paling seru selama di #GIJC15 ini adalah belajar banyaaaak sekali hal baru! Acara ini memang memasukkan banyak materi soal data journalism, sebagai tren baru di dunia jurnalisme yang bisa juga dipakai oleh media untuk melakukan investigasi.

Untungnya gw juga seneng nerd things kayak gini. Gw ikut kelas Facebook Graph, belajar bikin chart pakai Tableau, bikin peta interaktif pakai CartoDB, keriting mempelejari Google Refine, dan banyak lagi yang lainnya. Total ada ratusan sesi di #GIJC15 dan banyak sekali materi yang baguuuuus. Sampai bingung milihnya!

Sudah dikasih kode K, C, E, H, N :)

Sudah dikasih kode K, C, E, H, N 🙂

Yang menyenangkan adalah di #GIJC15 ini ada lima orang Indonesia: gw, Komang (Tempo), Mbak Eni (PPMN/Jaring), Nezar Patria (The Jakarta Post) dan Bang Hasudungan Sirait — nah kalau ini mah senior banget 🙂 Dan karena Mbak Eni serta Komang itu sungguh well-planned, jadi sejak awal kita sudah pasang strategi. Kita semua pergi ke kelas yang berbeda-beda, setelah itu sharing sehingga semua dapat banyak ilmu.

Dan guess what, Komang bahkan sudah kirim materi ke dropbox lho! Sementara ilmu CartoDB, Tableau gw masih melayang ke mana-mana 🙂

It was an honour to be here. We can’t wait to share it with the others!

Oh ya, kalau mau cari ilmu baru data journalism, bisa cari #GJIC15 dan di situ ada banyaaaak sekali postingan materi baru yang super kece! Ayok belajar terus!

Advertisements